Minggu, 06 Januari 2013

CBGB (Country, Blue Grass and Blues).










Di New York, Amerika Serikat, tersebutlah sebuah klub malam bernama CBGB yang dikenal sebagai


lokasi legendaris karena band-band punk dan hardcore ternama meramaikan tempat ini.









Sebuah klub di bilangan kota New York. Pada awalnya didirikan oleh Hilly Kristal, tahun 1973, sebagai sebuah tempat yang mengangkat jenis musik dan gaya sesuai makna CBGB itu sendiri. Namun pada akhirnya malah menjadi sebuah tempat berkumpulnya musisi-musisi punk Amerika dan new wave seperti Ramones, Misfits, Television, the Patti Smith Group, Mink DeVille, The Dead Boys, The Dictators, The Fleshtones, The Voidoids, The Cramps, Blondie, The Shirts, dan Talking Heads. Dan pada beberapa tahun berikutnya, semakin dikenal sebagai klub band-band Hard Core Punk semacam Agnostic Front, Bad Brains, Murphy's Law, Cro-Mags, Warzone, Gorilla Biscuits, Sick of It All, dan Youth of Today yang banyak menggelar panggung di sana..


Sebelumnya, di bagian depan dekat dengan pintu club terdapat toko kaset CBGB, namun pada pada akhir tahun 80an, toko kaset ditutup dan diganti dengan sebuah panggung lagi yang digunakan sebagai tempat seni pertunjukkan dan karya seni, yang dinamakan "CB's 313 Gallery".Hingga gallery menjadi tempat bagi banyak pertunjukkan musik rock akustik, folk, jazz ataupun musik-musik eksperimental semacam Dadadah, Toshi Reagon dan The Kerang, sementara club utama tetap dan semakin menjadi panggung untuk musik punk, metal, hard core, new wave dan rock alternatif.


Klub cbgb ditutup pada Oktober 2006. Konser terakhir menampilkan Patty Smith pada 15 Oktober. Sementara CBGB Fashion sebagai toko merchandise tempat penjualan grosir, dan penjualan online tetap dibuka hingga 31 Oktober. Pada tanggal 1 November 2006, CBGB Fashion pindah ke St. Mark Place yang kemudian tutup secara resmi pada musim panas 2008.


Bermula dari keinginan Hilly untuk mendirikan sebuah club yang pada awalnya bernama CBGB & OMFUG yang merupakan kepanjangan dari "Country Bluegrass Blues and Other Music For Uplifting Gormandizers.


Tahun 1973, Hilly memberikan CBGB untuk diboking oleh 2 orang pemuda setempat yaitu Bill Page dan Rusty McKenna untuk mengadakan sebuah konser di CBGB. Merupakan sebuah konser musik punk. Hilly bersedia memberikan tempatnya untuk mendukung musisi lokal dikarenakan pada tahun tersebut sebuah tempat pertunjukan Mercer Art Center bangkrut, yang mana biasanya dipakai sebagai tempat pertunjukan musisi-musisi underground.


CBGB hanya mempunyai satu aturan bermain bagi musisi yang ingin manggung disana, yaitu : harus menampilkan musik karya sendiri! Untuk kali ke-3, stasiun televisi meliput kegiatan panggung CBGB pada tahun 1974, dimana saat itu sedang menapilkan Patty Smith dan Debbie Harry. Dan dengan liputan televisi tersebut maka semakin berkembanglah musisi-musisi jalanan semacam punk.

Tidak hanya dari lingkungan New York yang bermain di CBGB, misalnya, CBGB adalah panggung Amerika pertama yang dilakukan oleh band The Police.


Pada tahun 2005 Kristal berselisih dengan Bowery Residence's Commite. Perihal pembayaran sewa tempat untuk CBGB. Hingga pada akhirnya Kristal ingin memindahkan CBGB ke Nevada, Laas Vegas. Semua pernak-pernik CBGB dari New York dibawaserta, hingga yang terkecil sekalipun...mengingat bahwa CBGB adalah tempat yang sangat bersejarah, sudah seperti musium, sehingga semua hal dari yang terkecil hingga paling besar dibawa ke Nevada.


Akhirnya, konser terakhir penutupan CBGB yang menampilkan Patty Smith serta Flea dari Re Hot Chili Peppers. Tepat hari ulangtahun ke 44 Flea malam itu. Dikumandangkannya anthem penghargaan terhadap band Ramones, -yang notabene adalah salahsatu band legendaris berawal dan identik dengan CBGB .









Sumber: Berbagai sumber dan,

http://id.shvoong.com/humanities/1938273-cbgb-sebuah-club-legendaris/#ixzz2HFh07wNI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar