Rabu, 17 Februari 2010

DAJJAL

Ad-Dajjāl (Arabالدّجّال) adalah seorang tokoh kafir yang jahat dalam Eskatologi Islam, ia akan muncul menjelang Kiamat. Dajjal pembawa fitnah di akhir zaman, menurut hadits Muhammad bersabda: “"Sejak Allah swt menciptakan Nabi Adam a.s. sampai ke hari kiamat nanti, tidak ada satu ujian pun yang lebih dahsyat daripada Dajjal".

  
Etimologi
Dajjal adalah kata Arab yang lazim digunakan untuk istilah "nabi palsu". Namun istilah Ad-Dajjal, merujuk pada sosok "Penyamar" atau "Pembohong" yang muncul menjelang kiamat. Istilahnya adalah Al-Masih Ad-Dajjal (Bahasa Arab untuk "Al Masih Palsu") adalah terjemahan dari istilah Syria Meshiha Deghala yang telah menjadi kosa kata umum dari Timur Tengah selama lebih dari 400 tahun sebelum Al-Quran diturunkan.
Istilah Meshiha Deghala berasal dari kata antichristos yang merupakan bahasa Yunani. Secara internasional, sosok ini dikenal dengan Dajjal, tanpa menambahkan tata bahasa Arab. Namun istilah Dajjal telah merujuk kepada apa yang dimaksud Ad-Dajjal dalam istilah bahasa Arab.

Biografi

Dajjal tidak disebut dalam Al-Quran, tetapi terdapat dalam hadis dan Sunah yang menguraikan sifat-sifat Dajjal. Berdasarkan kepercayaan yang telah umum dalam kalangan muslim, karakteristik ad-Dajjal adalah sebagai berikut:
  • Dajjal memiliki cacat fisik berupa mata kiri yang buta, dan mata kanan yang dapat melihat tetapi berwarna gelap (hitam). Dalam beberapa hadis menjelaskan ia hanya memiliki sebuah mata. Ia akan menunggangi keledai putih yang satu langkahnya sama dengan satu mil jaraknya. Keledai tersebut memakan api dan menghembus asap, dapat terbang di atas daratan dan menyeberangi lautan.
  • Dajjal seorang pemuda posturnya gemuk, kulitnya kemerah-merahan, berambut keriting, matanya sebelah kanan buta, dan matanya itu seperti buah anggur yang masak’ (tak bersinar), serupa dengan Abdul Uzza bin Qathan (lelaki Quraisy dari Khuza’ah yang hidup di zaman Jahiliyah).[2]
  • Dia akan menipu para umat muslim dengan mengajari mereka tentang surga, tapi ajaran tersebut adalah sebaliknya (Neraka).
  • Huruf Arab Kaf Faa Raa (kafir, bermakna kufur) akan muncul pada dahinya dan akan mudah dilihat oleh muslim yang bisa membaca maupun yang buta huruf.
  • Dia dapat melihat dan mendengar di banyak tempat pada waktu bersamaan.
  • Dia mempunyai keahlian untuk menipu manusia.
  • Dia akan coba meletakkan manusia pada tingkatan Tuhan.
  • Dia akan menyatakan dirinya adalah Tuhan dan akan menipu manusia dalam berpikir. Ia mengatakan bahwa ia telah bangun dari kematian. Salah satu orang penting akan ia bunuh dan kemudian ia akan menghidupkannya. Sesudah itu Allah akan menghidupkan apa yang ia bunuh tersebut, setelah itu ia tidak memiliki kekuatan ini lagi. Berdasarkan sumber lain tentang akhirat yang ditulis Anwar al-Awlaki), seorang lelaki beriman akan datang dari Madinah terus ke Dajjal, berdiri pada atas Uhud, dan dengan beraninya mengatakan bahwa Dajjal adalah Dajjal. Kemudian ia akan bertanya, "Apakah kamu percaya bahwa aku adalah Tuhan jika aku membunuhmu dan kemudian menghidupkan kamu?" Lalu Dajjal membunuh lelaki beriman tersebut, setelah itu menghidupkannya kembali, namun lelaki itu akan berkata bahwa dia semakin tidak percaya bahwa Dajjal adalah Tuhan.
  • Siapa saja yang menolak dan tidak percaya dengannya, mereka akan menderita kemarau dan kelaparan. Siapa saja yang menerimanya akan hidup dalam kehidupan senang.
  • Sebagian besar ajaran Islam mempercayai bahwa ia muncul di Kota Isfahan
  • Dia tidak bisa memasuki Makkah atau Madinah karena dijaga para malaikat.
  • Imam Mahdi akan melawannya atas nama Islam.
  • Dia akan dibunuh oleh Nabi Isa dekat pintu gerbang Lud yang merupakan wilayah Israel saat ini.

Dajjal membawa air dan api

Bedasarkan sebuah hadis yang menceritakan tentang Dajjal. Hadis tersebut menceritakan suatu hari pada musim kemarau, Dajjal akan bertanya, "Apakah kamu menginginkan api atau air?" Jika menjawab air, itu bermakna api yang diberikannya, Jika jawabannya api, ia akan memberi air. Kamu akan diberikan air jika kamu mengakui Dajjal adalah Tuhan dan bila kamu murtad dari agama Allah. Apabila kamu lebih memilih api tetapi tetap berada di jalan Allah, maka kamu akan dibunuhnya.
Dajjal membawa api dan air; Muhammad bersabda: "Sesungguhnya Dajjal itu akan keluar dengan membawa air dan api, maka apa yang dilihat manusia sebagai air, sebenarnya itu adalah api yang membakar. Sedang apa yang dilihat oleh manusia sebagai api, maka itu sebenarnya adalah air yang dingin dan tawar. Maka barangsiapa yang menjumpainya, hendaklah menjatuhkan dirinya ke dalam apa yang dilihatnya sebagai api, kerana ia sesungguhnya adalah air tawar yang nyaman." [3]
Dajjal membawa sesuatu yang menyerupai syurga dan neraka; Dari Abu Hurairah berkata bahawa Rasulullah s.a.w bersabda: "Sukakah aku ceritakan kepadamu tentang Dajjal, yang belum diberitakan oleh Nabi kepada kaumnya. Sungguh Dajjal itu buta mata sebelahnya dan ia akan datang membawa sesuatu yang menyerupai syurga dan neraka, adapun yang dikatakan syurga, maka itu adalah neraka. Dan aku memperingatkan kalian sebagaimana Nabi Nuh a.s memperingatkan kepada kaumnya."
Dajjal membawa sungai air dan sungai api; Dari Abu Hudzaifah berkata bahawa Rasulullah s.a.w bersabda: Sesungguhnya aku lebih tahu dari Dajjal itu sendiri tentang apa padanya. Dia mempunyai dua 2 sungai mengalir. Yang satu menurut pandangan mata adalah air yang putih bersih. Yang satu lagi menurut mata adalah api yang bergelojak. Sebab itu, kalau seorang mendapatinya hendaklah mendekati sungai yang kelihatan api. Hendaklah dipejamkan matanya, kemudian ditekurkan kepalanya, lalu diminumnya air sungai itu kerana itu adalah air sungai yang sejuk. Sesungguhnya Dajjal itu buta matanya sebelah ditutupi oleh daging yang tebal, tertulis antara dua 2 matanya (di keningnya) perkataan kafir yang dapat dibaca oleh setiap orang beriman pandai baca atau tidak.[4]

Perlindungan dari Dajjal

Nabi Muhammad mengingatkan para pengikutnya untuk membaca dan menghapal sepuluh ayat pertama dari Surat Al-Kahfi sebagai perlindungan dari Dajjal, dan kalau bisa berlindung di kota Madinah dan Mekkah, karena Dajjal tidak akan pernah bisa masuk kota tersebut yang dijaga oleh para malaikat. Muhammad juga mengingatkan para pengikutnya untuk berdoa, "Ya Allah! Aku berlindung dengan-Mu dari bencana Dajjal." Dia juga menyatakan tidak ada musibah yang lebih hebat daripada bencana yang ditimbulkan Dajjal sejak penciptaan Nabi Adam hingga Hari Kebangkitan.

Dajjal - Mitos & Realita
 

Sementara Gog dan Magog disebut dua kali dalam Al Qur'an, Dajjal tidak disebutkan langsung. Ini luar biasa, mengingat pernyataan nabi, saw, bahwa tidak ada masalah lebih signifikan antara penciptaan Adam dan terakhir jam daripada Dajjal.
Orang-orang membaca atau mendengarkan deskripsi tradisional Dajjal, anti-Kristus, bisa dimaafkan bila mengingat dia menjadi seorang tokoh fiksi. Dia adalah ukuran yang sangat besar, berjalan pada kecepatan awan yang ditiup angin di atas keledai, jarak antara telinga yang meliputi 40 lengan, kedalaman laut hanya mencapai sampai ke pergelangan kaki, dia telah bersamanya gunung roti dan sungai-sungai, dan karya-karya mukjizat menakjubkan. Dia telah ada sejak nabi hari, diikat rantai besi di sebuah pulau di laut yang dihuni oleh mata-mata. Ketika dia dilepaskan, waktu akan menjadi pendek dan tanah akan menyusut.
Ini mitos raksasa Namun, mungkin merupakan alasan yang begitu banyak hadits tentang dia bertahan sampai sekarang. Berkenalan dengan cara kerja teknologi modern, kita mampu menghargai bahwa kemampuan makhluk manusia super ini disebabkan oleh peralatan yang dimilikinya. Kita telah menyaksikan perjalanan mobil dan pesawat, kita melihat gambar dari seluruh dunia berseri-seri ke ruang keluarga kita melalui televisi, kita menggunakan telepon selular untuk tetap berhubungan dengan orang-orang di sudut-sudut terpencil dunia. Kita dapat mengerti bagaimana seseorang dapat berada di banyak tempat sekaligus, mendengarkan apa yang terjadi di lokasi yang berbeda di bumi, perjalanan pada kecepatan dan menunjukkan kepada kita air yang anda tidak bisa merasakan dan api yang tidak membakar. Untuk orang-orang sebelum kita, siapa pun menyelesaikan tugas-tugas seperti itu, pasti yang ajaib. Dimaafkan kesalahan kita adalah, bahwa kita mengasihi untuk berpegang pada keajaiban seperti dongeng dari masa kanak-kanak yang tidak dapat kita lepaskan.
Jika kita berbicara tentang Dajjal, yang mewakili sistem tidak percaya jelas terlihat oleh siapa pun seperti itu, jadi dia melek atau tidak, terlepas dari fakta bahwa ia sedang dinyatakan dalam nama Kristen trinitarian, maka Dajjal ini masih hidup dan menendang di antara kita , tidak lagi terikat karena ia menguasai seni menggunakan besi, melemparkan melepas rantai dan pembatasan, membuat segala sesuatu yang mewah dari komputer hardware untuk senjata pemusnah. Dia adalah salah satu mata, materialistis, dicabut dari spiritualitas, ia menjanjikan surga adalah neraka dan neraka adalah surga, dan dia diikuti oleh pasukan Yahudi, perempuan dan Badui. Dia menguasai sumber-sumber dunia melalui sistem perbankan minatnya, dan memang gunung roti, dan orang-orang akan menderita kelaparan kecuali mereka mengikuti-Nya. Sedangkan nabi Muhammad saw, akan berdebat dengan dia atas nama kami, itu dia masih ada, sekarang setiap orang akan berdebat dengan dia atas nama sendiri.
Namun, Dajjal, sistem, tidak cukup penjelasan untuk semua diberikan deskripsi dirinya dalam tradisi kenabian. Banyak dari mereka berbicara tentang Dajjal seperti biasa, pria pendek ekstraksi Yahudi (seperti Ibn Sayyad), dengan rambut keriting dan kasar dan paruh hidung, dan menggigit gigi. Dia perintah tentara dan, akhirnya, ia akan dibunuh. Dajjal orang adalah pemimpin yang pada akhirnya akan memimpin kekuatan jahat di dunia ini, sistem Dajjal. Dia milik dunia satu pemerintahan dari penguasa kasar menyukseskan kekaisaran Roma, ia akan keinginan Madinah, tetapi ini akan menjadi luar jangkauan untuknya. Dia akan mendarat di sebuah tempat di dekat Madinah, di sebelah timur, yang bisa jadi kuwait, tetapi ia akan dialihkan ke utara, ke wilayah al-Sham, yaitu Suriah, (atau mungkin Irak?) Di mana ia akan dihancurkan. Dia akan muncul setelah pertempuran sengit As-Sufyani (yang Brute) akan memiliki dengan Muslim, yang sampai sekarang belum ditandai dengan merusak. Perjuangan akan berakhir pegunungan (hitam) emas di dekat Sungai Efrat. Kaum muslim akan menjadi loosers, tetapi orang-orang yang tulus di antara mereka pada akhirnya akan bersatu di bawah bendera al-Mahdi yang akan datang dari Madinah dan akan diberikan kesetiaan di Makkah, meskipun ia lebih suka melarikan diri tanggung jawab itu, aturan yang keluar setiap dari mereka yang ingin dikenal sebagai kandidat untuk menjadi Imam Mahdi. Akhirnya, 'Isa bin Maryam, sesungguhnya Kristus, akan kembali dan mengakhiri Dajjal dan intrik.
Islam harus mengambil peringatan tentang Dajjal serius. Kita harus melihat "proses perdamaian" di Palestina dan intimidasi militer di Arabia dengan keprihatinan dekat. Pergeseran ke pemerintah dunia bersatu (di bawah kepemimpinan PBB Amerika diarahkan dari Tel Aviv) mungkin tidak terlalu jauh lagi. Bar coding, kabel dan satelit komunikasi, jaringan komputer, pengendalian moneter internasional, dan berbagai inovasi lain kali kita hampir selesai meletakkan kendali di masa depan pembuangan kepala sistem Dajjal. Para ilmuwan masih mencoba untuk menguasai seni membaca pikiran dan pengendalian pikiran, tetapi bahkan tanpa teknik-teknik kata kebebasan memiliki lebih dan lebih hampa suara. Fiksi Orwell's 1984 sudah lama dikalahkan oleh fakta. Tak lama lagi Mesias baru ini akan menarik orang-orang di seluruh dunia menjadi hipnosis massa untuk fesyen terkini kultus zaman baru. Kita harus mempertahankan kemampuan kritis kita, dan seperti biasa dengan perbedaan pendapat, dalam sistem diktator, ada harga yang harus dibayar. Sabar berpegang pada satu keyakinan, dan bertindak atas mereka, akan menjadi seperti memegang pembakaran batu bara dalam satu tangan. Namun, ini adalah kebahagiaan, tidak untuk melakukannya dan untuk menyetujui ke dalam ketidakadilan dan penindasan karena takut jatuh ke dalam neraka Dajjal di toko untuk lawan-lawannya, berarti menyangkal kebenaran, mendustakan kemanusiaan, dan memperoleh hukuman kekal. Lebih buruk lagi, untuk menjadi begitu sibuk dalam kegiatan kecil dan pertikaian tanpa henti antara satu sama lain, bahwa kita gagal menyadari sama sekali bahwa kita sedang tertipu.


Kata-kata Muhammad (saw) Mengenai Antikristus
Sahih Muslim hadis 7.039 Diriwayatkan oleh Abu Hurairah Rasul Allah (saw) berkata: Cepatlah melakukan perbuatan baik sebelum enam hal terjadi: terbitnya matahari dari barat, asap, Dajjal, binatang buas dan (kematian) dari salah satu Anda atau kekacauan umum.
Sahih Muslim hadis 6.931 Diriwayatkan oleh Hudhayfah bin Usayd Ghifari Rasul Allah (saw) datang kepada kita semua tiba-tiba saat kami (sibuk dalam diskusi) Dia berkata: Apa yang Anda berdiskusi mengenai? (para sahabat) berkata: Kami sedang membahas tentang kiamat. Kemudian ia berkata: itu tidak akan datang sampai Anda melihat sepuluh tanda sebelumnya dan (dalam hubungan ini) dia membuat menyebut asap, Dajjal, binatang, terbit matahari dari barat, turunnya Isa putra Maryam ( ra dia), The Gog dan Magog, dan tanah longsor di tiga tempat, satu di timur, satu di sebelah barat dan satu di Saudi pada akhir yang akan membakar api keluar dari Yaman, dan akan mendorong orang ke tempat pertemuan mereka.
Sahih Muslim hadis 6.979 Diriwayatkan oleh AbuHurayrah Rasul Allah (saw) berkata: Anda telah mendengar tentang kota, satu sisi yang cenderung dan yang lainnya di pantai (Konstantinopel). Mereka berkata: Ya, Rasul Allah (saw). Kemudian ia berkata: Hari kiamat tidak akan datang sampai tujuh puluh ribu orang dari Bani Isra'il serangan itu. Ketika mereka mendarat di sana, mereka tidak akan bertempur dengan senjata atau mandi anak panah, tetapi hanya akan mengatakan: "Tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar," dan salah satu sisi itu akan jatuh. Thawr (salah satu periwayat) berkata: Aku berpikir bahwa ia berkata: Wilayah di pantai. Kemudian mereka akan berkata untuk kedua kalinya: "Tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar," dan sisi lain juga akan jatuh. Mereka akan berkata: "Tidak ada Tuhan selain Allah Maha Besar," dan gerbang akan dibuka bagi mereka dan mereka akan masuk. Mereka akan mengumpulkan rampasan perang dan mendistribusikannya di antara mereka sendiri ketika suara akan didengar dan ia akan berkata: Sesungguhnya Dajjal telah datang. Dengan demikian mereka akan meninggalkan segalanya di sana dan berbelok untuk (menghadapi) nya.
Sahih Muslim hadis 7.034 Diriwayatkan oleh Anas bin Malik Rasul Allah (saw) berkata: Dajjal akan diikuti oleh tujuh puluh ribu orang Yahudi dari Isfahan mengenakan syal Persia.
Sahih Muslim hadis 6.924 Diriwayatkan oleh AbuHurayrah Rasul Allah (saw) berkata: Hari kiamat tidak akan datang hingga tanah Romawi di al-A'maq atau Dabiq. Tentara yang terdiri dari yang terbaik (prajurit) dari orang-orang di bumi pada waktu itu akan datang dari Madinah (untuk menentang mereka). Ketika mereka mengatur diri mereka dalam barisan, Roma akan berkata: Jangan berdiri di antara kami dan mereka (umat Islam) yang mengambil tahanan dari antara kita. Mari kita melawan mereka. Kaum muslimin menjawab: Tidak, demi Allah, kita tidak akan pernah berpaling dari Anda dan dari saudara-saudara kami sehingga Anda dapat melawan mereka. Mereka akan berperang dan ketiga (bagian) dari tentara, yang Allah tidak akan mengampuni, akan melarikan diri. Ketiga (bagian dari tentara), yang akan dilantik dari martir yang sangat baik di mata Allah, akan dibunuh. Ketiga yang tidak akan pernah bisa diajukan ke pengadilan akan menang dan mereka akan menjadi penakluk Konstantinopel. Ketika mereka sedang sibuk dalam mendistribusikan rampasan perang (di antara mereka sendiri) setelah menggantung pedang mereka dengan pohon-pohon zaitun, Iblis akan menangis: The Dajjal telah mengambil tempat di antara Anda keluarga Anda. Mereka kemudian akan keluar, tetapi ini akan menjadi sia-sia. Ketika mereka mencapai Suriah, ia akan keluar sementara mereka masih mempersiapkan diri untuk berperang, menyusun peringkat. Tentu saja, waktu doa akan datang dan kemudian Yesus (saw), putra Maryam, turun dan akan memimpin mereka dalam doa. Ketika musuh Allah melihatnya, maka akan (hilang) sama seperti garam larut dalam air dan jika ia (Yesus) tidak untuk menghadapi mereka sama sekali, bahkan kemudian akan larut sempurna. Allah akan membunuh mereka dengan tangannya dan ia akan menunjukkan pada mereka darah mereka di atas tombak (lembing dari Yesus Kristus).
Sahih Al-Bukhari hadis 4,554 Diriwayatkan oleh Abu Huraira Rasul Allah berkata, "Bagaimana kalau aku tidak bercerita tentang kisah Dajjal yang tidak ada nabi kepada kaumnya? The Dajjall adalah bermata satu dan akan membawa bersamanya apa yang akan menyerupai Neraka dan surga, dan apa yang akan memanggil surga akan benar-benar neraka; jadi aku memperingatkan kamu (melawan dia) seperti Nuh memperingatkan bangsanya melawan dia. "
Sahih Muslim hadis 7.037 Diriwayatkan oleh AbuQatadah Kami sering pergi ke Imran b. Husain lewat di depan Hisyam b. Amir. Ia, suatu hari, mengatakan: Anda lewat saya (dalam rangka) untuk pergi ke beberapa orang, tetapi (di antara orang-orang yang hidup) tidak tetap di perusahaan Rasul Allah (saw) lebih dari saya dan tidak ada yang tahu lebih banyak hadis-hadis dari I. Aku mendengar Rasul Allah (saw) berkata: Tidak akan ada ciptaan (menciptakan lebih banyak masalah) daripada Dajjal sejak penciptaan Adam hingga akhir zaman.
Sahih Muslim hadis 7.023 Diriwayatkan oleh Abdullah bin Amr Seseorang datang kepadanya dan berkata: Apakah hadits ini bahwa Anda menceritakan bahwa kiamat akan datang pada waktu tertentu? Kemudian ia berkata: Dikuduskanlah Allah, tidak ada Tuhan selain Allah (atau kata-kata untuk efek yang sama). Saya telah memutuskan bahwa aku tidak akan menceritakan apa-apa kepada siapa pun sekarang. Saya hanya mengatakan bahwa anda akan melihat setelah beberapa waktu peristiwa penting: bahwa (suci) Rumah (Ka'bah) akan dibakar dan itu pasti terjadi. Dia kemudian melaporkan bahwa Rasulullah (saw) berkata: Dajjal akan muncul dalam umatku dan dia akan tinggal (di dunia) selama empat puluh - saya tidak dapat mengatakan apakah ia berarti empat puluh hari, empat puluh bulan atau empat puluh tahun. Allah kemudian akan mengirim Yesus, putra Maryam, yang akan menyerupai Urwah bin Mas'ud. Dia (Yesus Kristus) akan mengejar dia dan membunuhnya. Maka orang akan hidup selama tujuh tahun, selama waktu tidak akan ada dendam antara dua orang. Setelah itu Allah akan mengirim angin dingin dari arah Suriah. Tidak ada akan bertahan di Bumi, memiliki titik yang baik dalam dirinya atau iman dalam dirinya: ia akan mati. Bahkan jika beberapa di antara kamu adalah untuk memasukkan bagian terdalam gunung, angin ini akan mencapai tempat itu juga dan menyebabkan kematian Anda. Aku mendengar Rasul Allah (saw) sebagai mengatakan: Hanya orang-orang jahat akan bertahan hidup dan mereka akan menjadi seperti ceroboh seperti burung dengan karakteristik binatang. Mereka tidak akan pernah menghargai mengutuk baik atau jahat. Kemudian Iblis akan datang kepada mereka, dalam bentuk manusia, dan akan berkata: Jangan kau menghadapinya? Mereka akan berkata: Apa yang memerintahkan kita untuk lakukan? Ia akan memerintahkan mereka untuk menyembah berhala tetapi, meskipun ini, mereka akan mempunyai banyak rezeki dan memimpin kehidupan yang nyaman. Kemudian akan ditiup sangkakala dan orang yang mendengar itu akan tekuk leher ke satu sisi dan meningkatkan itu dari sisi lain. Pertama mendengar bahwa sangkakala akan menjadi orang yang sibuk di kanan pengaturan tangki dimaksudkan untuk memasok air untuk unta-unta. Dia akan pingsan dan orang-orang lain juga akan pingsan. Kemudian Allah akan mengirimkan atau Dia akan menyebabkan akan dikirim hujan yang akan menjadi seperti embun dan di sana akan tumbuh dari tubuh orang. Kemudian kedua akan ditiup sangkakala dan mereka akan berdiri dan mulai melihat (sekitar). Maka akan berkata: "Hai orang-orang, pergi ke Tuhanmu. Mereka akan dibuat untuk berdiri di sana dan merekalah yang akan ditanyai. Maka akan berkata: "Bawalah keluar suatu kelompok (dari mereka) untuk neraka. Akan ditanyakan: Berapa banyak? Dikatakan: Sembilan ratus sembilan puluh sembilan dari seribu untuk neraka. Yang akan menjadi hari yang akan membuat anak-anak lama karena teror dan yang akan menjadi hari yang telah dikatakan: "Pada hari ketika anak kunci akan terungkap".
Sahih Muslim hadis 5.352 Diriwayatkan oleh Mughirah bin Shu'bah Tidak ada lagi yang bertanya lebih banyak dari Allah's Messenger (saw) tentang Dajjal daripada aku, tetapi ia hanya berkata dengan (suasana hati cahaya): Anakku, mengapa kamu khawatir karena dia? Dia tidak akan merugikan Anda. Aku berkata: Orang-orang berpikir bahwa ia akan memiliki sungai-sungai bersamanya air dan gunung-gunung roti, kemudian dia berkata: Dia akan lebih tidak berarti di sisi Allah daripada semua hal-hal ini (milik kepadanya).
Sahih Muslim hadis 3.187 Diriwayatkan oleh AbuHurayrah Rasulullah (saw) berkata: Dajjal akan datang dari sisi timur dengan niat menyerang Madinah sampai ia akan mendapatkan di belakang Uhud. Maka malaikat akan memalingkan wajah ke arah Syria dan di sana ia akan binasa.
Sahih Al-Bukhari hadis 9,239 Diriwayatkan oleh Anas bin Malik Nabi berkata, "Ad-Dajjal akan datang dan berkemah di sebuah tempat dekat Madinah dan kemudian Madinah akan mengguncang tiga kali dimana setiap Kafir (kafir) dan munafik akan keluar (dari Madinah) ke arahnya."
Sahih Al-Bukhari hadis 9,242 Diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar Rasul Allah berkata. "Ketika aku sedang tidur, aku melihat diriku (dalam mimpi) melakukan Tawaf di sekitar Kakbah. Lihatlah, Aku melihat seorang pria kulit putih kemerahan dengan rambut lurus, dan air itu turun dari kepalanya. Aku bertanya," Siapa ini ? " Mereka menjawab, "The putra Maryam." Lalu aku berpaling wajahku untuk melihat laki-laki lain dengan tubuh besar, kulit merah dan rambut keriting dan buta di salah satu mata. Matanya tampak seperti anggur yang menonjol keluar. Mereka berkata (kepadaku), Dia adalah Ad-Dajjal. "Nabi menambahkan," Orang yang paling mirip adalah Ibn Qatan, seorang laki-laki dari suku Khuza'a. "
Sahih Al-Bukhari Hadis Diriwayatkan oleh Hudhaifa 9,244 Nabi berkata tentang Ad-Dajjal bahwa ia akan memiliki air dan api dengan dia: (apa yang tampaknya) api, akan menjadi air dingin dan (apa yang akan tampaknya) air, akan menjadi api.
Sahih Al-Bukhari hadis 6,230 Diriwayatkan oleh Anas bin Malik Rasul Allah yang digunakan untuk memohon demikian: "Ya Allah! Aku berlindung kepada Engkau dari kekikiran; kemalasan; dari geriatrik tua usia; hukuman dalam kubur; dari penderitaan Ad-Dajjal dan dari penderitaan hidup dan mati.
Sahih Al-Bukhari Hadis Diriwayatkan oleh Anas 9,505 Nabi berkata, "Allah tidak mengutus nabi tapi dia memperingatkan kaumnya dari bermata satu pembohong (Ad-Dajjal). Dia bermata satu sementara Tuhan tidak bermata satu. Kata 'Kafir' (kafir ) ditulis antara kedua matanya. "
Tirmidzi Hadis 93 Diriwayatkan oleh AbuHurayrah Nabi (saw) berkata: `Lose ada waktu untuk melakukan pekerjaan dengan baik sebelum Anda terperangkap oleh salah satu dari tujuh bencana." Kemudian dengan cara peringatan dia menceritakan, `A kelaparan yang dapat mengganggu kebijaksanaan Anda, atau kemakmuran yang dapat menyesatkan Anda, atau sebuah penyakit yang dapat merusak kesehatan Anda, atau usia tua yang dapat membahayakan indra Anda, atau kematian tiba-tiba atau Munculnya Dajjal (Antikristus). Semua ini adalah peristiwa-peristiwa buruk yang mungkin ditunggu, atau Hari Kiamat, tetapi hari ini memang sangat keras dan pahit. " Diriwayatkan oleh At Tirmidzi.
Al-Tirmidzi hadis 5.487 Diriwayatkan oleh AbuBakr as-Siddiq Amr bin Hurayth dikutip AbuBakr as-Siddiq yang mengatakan bahwa Rasulullah (saw) mengatakan kepada mereka bahwa Dajjal akan muncul dari tanah di Timur bernama Khurasan, diikuti oleh orang-orang yang wajahnya mirip ditutupi dengan perisai kulit. Tirmidzi menular itu.
Sunan Abu-Dawud hadis 4.305 Diriwayatkan oleh Imran bin Husain Nabi (saw) berkata: Biarkan dia yang mendengar tentang Dajjal (Antikristus) pergi jauh dari dia karena aku bersumpah dengan Allah, bahwa seorang laki-laki akan datang kepadanya berpikir ia adalah seorang percaya dan mengikutinya karena ide-ide bingung terbangun di dia oleh-Nya.
Sunan Abu-Dawud hadis 4.306 Diriwayatkan oleh Ubadah bin as-Samit Nabi (saw) berkata: Saya telah mengatakan begitu banyak tentang Dajjal (Antikristus) sehingga aku takut Anda mungkin tidak mengerti. Antikristus pendek, ayam-berujung, berambut wol, bermata satu, mata-buta, dan tidak menonjol ataupun mendalam. Jika Anda bingung tentang dirinya, tahu bahwa Tuhan tidak bermata satu.
Sunan Abu-Dawud hadis 4.311 Diriwayatkan oleh Fatimah, putri Qays Rasul Allah (saw) pernah menunda malam jemaat doa. Ia keluar dan berkata: Sesungguhnya pembicaraan tentang Tamim ad-Dari ditahan saya. Dia ditularkan kepada saya dari seorang pria yang berada di pulau dari laut. Tiba-tiba ia menemukan seorang wanita yang sedang membuntuti rambutnya. Dia bertanya: Siapakah engkau? Dia berkata: Aku adalah Jassasah. Pergi ke istana. Jadi saya datang ke sana dan menemukan seorang pria yang sedang mengikuti rambutnya, dirantai dalam kerah besi, dan melompat antara Langit dan Bumi. Aku bertanya: Siapakah engkau? Dia menjawab: Aku Dajjal (Antikristus). Apakah Nabi dari orang-orang buta huruf muncul sekarang? Aku menjawab: Ya. Dia berkata: Apakah mereka patuh kepadanya atau tidak taat kepadanya? Aku berkata: Tidak, mereka patuh kepadanya. Dia berkata: Itu lebih baik bagi mereka.
Hadis Sahih Muslim 296 Diriwayatkan oleh AbuHurayrah Rasulullah (saw) mengamati: Ketika tiga hal yang muncul iman tidak akan bermanfaat bagi orang yang belum percaya atau sebelumnya telah diturunkan dari tidak baik imannya: terbitnya matahari di tempatnya setting, Dajjal, dan Binatang dari bumi.
Al-Muwaththa Hadis 49,2 Yahya terkait kepada saya dari Malik dari Nafi dari Abdullah bin Umar bahwa Rasulullah, semoga Allah memberkatinya dan memberinya damai, berkata, "Aku bermimpi pada malam hari bahwa aku berada di Ka'bah, dan aku melihat orang seperti gelap yang paling tampan laki-laki hitam yang pernah Anda lihat. Dia punya rambut sampai ke antara telinga dan bahu seperti yang paling baik rambut seperti yang Anda lihat. Dia telah menyisir rambut, dan air menetes dari itu. Dia bersandar pada dua laki-laki atau di atas pundak dua laki-laki melakukan tawaf di sekitar Ka'bah. Aku bertanya, 'Siapa ini? " Ada yang berkata, 'Al-Masih bin Maryam. " Kemudian kami dengan seorang pria dengan rambut kurus dan buta mata kanannya, seolah-olah itu adalah anggur yang mengambang. Aku bertanya "Siapa ini?" Itu berkata kepadaku, 'Ini adalah al-Masih ad-Dajjal. " "
Sahih Al-Bukhari hadis 2,626 Diriwayatkan oleh Mujahid Aku berada di perusahaan dari Ibnu Abbas dan orang-orang berbicara tentang Ad-Dajjal dan berkata, "Ad-Dajjal akan datang dengan kata Kafir (non-orang percaya) yang ditulis di antara matanya." Pada Ibnu Abbas berkata, "Saya belum mendengar hal ini dari Nabi tapi aku mendengar dia berkata, 'Seolah-olah aku melihat Musa saja sekarang memasuki lembah Talbyia membaca'."
Sahih Al-Bukhari hadis 9,504 Diriwayatkan oleh Abdullah Ad-Dajjal disebutkan di hadapan Nabi. Nabi berkata, "Sesungguhnya Allah tidak tersembunyi dari Anda; Dia tidak bermata satu," dan menunjuk dengan tangannya ke arah matanya, menambahkan, "Meskipun Al-Masih Ad-Dajjal itu buta di mata kanan dan matanya tampak seperti anggur yang menonjol. "
Sahih Al-Bukhari hadis 4,553 Diriwayatkan oleh Ibnu Umar Setelah Rasul Allah berdiri diantara orang-orang, memuliakan dan memuji Allah sebagaimana Dia layak dan kemudian menyebutkan Dajjal berkata, "Aku memperingatkan kamu terhadap dia (yakni Dajjal) dan tidak ada nabi, tetapi memperingatkan kaumnya terhadap dirinya. Tidak diragukan, Nuh memperingatkan bangsanya melawan dia tetapi aku menceritakan tentang dia sesuatu yang mana tidak ada nabi kepada bangsanya sebelum aku. Anda harus tahu bahwa dia bermata satu, dan Allah tidak bermata satu. "
Sahih Al-Bukhari hadis 5,685 Diriwayatkan oleh Ibnu Umar Kami sedang membicarakan Hajjat-ul-Wada, sementara Nabi di antara kami. Kami tidak tahu apa Hajjat-ul-Wada 'ditandakan. Nabi memuji Allah dan kemudian disebut Al-Masih Ad-Dajjal dan menggambarkan dia secara ekstensif, berkata, "Allah tidak mengutus nabi nabi tapi itu memperingatkan kaumnya Al-Masih Ad-Dajjal. Nuh dan nabi-nabi yang mengikutinya memperingatkan (mereka orang) dari dirinya. Dia akan muncul di antara kamu (hai Muhammad pengikut), dan jika hal itu terjadi bahwa beberapa dari kualitas dapat disembunyikan dari Anda, tetapi Negara Tuhanmu adalah jelas untuk Anda dan tidak tersembunyi dari Anda. Nabi mengatakan tiga kali . Sesungguhnya, Tuhanmu tidak buta sebelah mata, sementara ia (yaitu Ad-Dajjal) itu buta di mata kanan yang terlihat seperti sebuah anggur menggembung keluar (dari cluster). Tidak diragukan lagi, Allah telah membuat darah Anda dan Anda sifat suci satu sama lain seperti kesucian hari ini milikmu, di kota ini Anda, dalam bulan ini milikmu. " Nabi menambahkan: Tidak diragukan lagi! Bukankah aku menyampaikan pesan Allah kepadamu? "Mereka menjawab," Ya, "Nabi berkata tiga kali," Ya Allah! Menjadi saksi untuk itu. "Nabi menambahkan," Celakalah kamu! "(Atau berkata)," Semoga Allah, kasihanilah Anda! Tidak menjadi kafir setelah aku (yaitu kematian saya) dengan memotong leher (tenggorokan) dari satu sama lain. "
Sahih Al-Bukhari Hadis Diriwayatkan oleh Aisha 1,795 (istri Nabi) Rasul Allah digunakan untuk memanggil Allah dalam doa mengatakan "Allahumma inni a'udhu bika min adhabil-qabri, wa a'udhu bika min fitnatil-masihid-Dajjal, a'udhu wa bika min fitnatil-mahya wa fitnatil-Mamati. a'udhu Allahumma inni bika minal-ma Thami wal-maghrami. (Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari siksa kubur dan dari penderitaan Masiah Ad-Dajjal dan dari penderitaan hidup dan kematian. Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari dosa dan dari berada di utang). " Seseorang berkata kepadanya, "Mengapa kau begitu sering berlindung kepada Allah dari berada di utang?" Nabi menjawab, "Orang mengatakan kebohongan utang setiap kali ia berbicara, dan melanggar janji-janji setiap kali ia membuat (mereka)." 'Aisyah juga meriwayatkan: Aku mendengar Rasul Allah dalam doa mencari perlindungan kepada Allah dari penderitaan Ad-Dajjal.
Sahih Al-Bukhari hadis 4,649 Diriwayatkan oleh Abdullah Nabi menyebutkan Massiah Ad-Dajjal di depan orang-orang berkata,-Allah bukan merupakan salah satu mata sementara Mesias, Ad-Dajjal itu buta di mata kanan dan matanya tampak seperti anggur menggembung. Sementara tidur di dekat Kakbah kemarin malam, aku melihat dalam mimpi seorang laki-laki warna cokelat yang terbaik dapat melihat antara warna coklat dan rambutnya panjang itu jatuh di antara kedua bahu. Rambutnya lurus dan air itu menggiring bola dari kepalanya dan ia meletakkan tangannya di atas bahu dua orang sambil mengelilingi Ka'bah. Aku bertanya, 'Siapa ini? " Mereka menjawab, 'Ini adalah Yesus, putra Maryam. " Di belakangnya aku melihat seorang pria yang sangat keriting rambutnya dan buta di mata kanan, menyerupai Ibnu Qatan (yakni orang kafir) dalam penampilan. Dia meletakkan tangannya di pundak orang sambil melakukan Tawaf di sekitar Kakbah. Aku bertanya, 'Siapa ini? " Mereka menjawab, "The Masih, Ad-Dajjal." "
Sahih Muslim hadis 7.015 Diriwayatkan oleh An-Nawwas bin Sam'an Rasul Allah (saw) menyebutkan tentang Dajjal pada suatu hari di pagi hari. Ia kadang-kadang digambarkan sebagai tidak penting dan kadang-kadang digambarkan (nya gejolak) sebagai sangat signifikan (dan kami merasa) seolah-olah ia berada di cluster dari pohon kurma. Ketika kami pergi kepadanya (kepada Nabi) di malam hari dan ia membaca (tanda-tanda ketakutan) pada wajah kami, ia berkata: Apa yang terjadi dengan Anda? Kami berkata: Rasul Allah (saw) yang Anda sebutkan Dajjal pagi ini (kadang-kadang menggambarkan dirinya) sebagai tidak penting dan kadang-kadang sangat penting, sampai kita mulai berpikir ia hadir dalam beberapa (hampir) bagian dari cluster tanggal - pohon palem. Jadi, ia berkata: Aku takut dalam hal pelabuhan kepada Anda dalam begitu banyak hal lain selain Dajjal. Jika ia datang kemari sementara saya di antara kamu, aku akan bertengkar dengan dia atas nama Anda, tetapi jika ia datang kemari ketika aku tidak di antara kamu, orang harus berjuang atas nama sendiri dan Allah akan mengurus setiap muslim atas namaku (dan menjaga dia melawan yang jahat). Dia (Dajjal) akan menjadi seorang pemuda dengan bengkok, dipotong rambutnya, dan mata buta. Aku bandingkan dengan AbdulUzza bin Qatan. Barang siapa di antara kalian akan bertahan untuk melihat dia harus membacakan di depannya ayat-ayat pembukaan Surah al-Kahf (xviii). Dia akan muncul di jalan antara Suriah dan Irak dan akan menyebarkan kejahatan kanan dan kiri. Hai hamba Allah! Patuhi (ke jalan kebenaran). Kami berkata: Rasul Allah (saw), berapa lama ia tinggal di bumi? Dia berkata: Selama empat puluh hari, satu hari seperti setahun, satu hari seperti sebulan, satu hari seperti seminggu, dan sisa hari-hari akan seperti hari-hari Anda. Kami berkata: Rasul Allah (saw) akan doa satu hari cukup untuk doa-doa hari sama dengan satu tahun? Kemudian ia berkata: Tidak, tapi Anda harus membuat perkiraan waktu (dan kemudian mengamati doa). Kami berkata: Rasul Allah (saw) seberapa cepat akan dia berjalan di atas bumi? Kemudian ia berkata: Seperti awan didorong oleh angin. Ia akan datang kepada rakyat dan mengundang mereka (kepada agama yang salah); mereka akan meneguhkan iman mereka kepada-Nya dan menanggapi kepadanya. Dia kemudian akan memberikan perintah kepada langit: akan ada curah hujan di atas bumi dan akan tumbuh tanaman. Lalu di malam hari, binatang pasturing mereka akan datang kepada mereka dengan gundukan-gundukan mereka sangat tinggi, mereka penuh ambing susu dan panggul mereka buncit. Ia kemudian akan datang orang lain dan mengundang mereka. Tapi mereka akan menolak supaya dia akan pergi jauh dari mereka, mereka akan memiliki kekeringan dan tidak akan ada yang tersisa dengan mereka dalam bentuk kekayaan. Ia akan berjalan melalui padang gurun dan berkata kepadanya: Bawalah kemari harta Anda. Harta akan keluar dan berkumpul di hadapannya seperti kawanan lebah. Ia kemudian akan memanggil seseorang di gejolak muda, memukul dia dengan pedang, memotong-menjadi dua bagian dan (membuat potongan-potongan ini terletak pada jarak yang umumnya antara pemanah dan sasarannya. Ia kemudian akan memanggil (bahwa laki-laki muda) dan ia akan datang maju tertawa dengan wajah berkilat (dengan kebahagiaan). Ini akan sangat waktu ini bahwa Allah akan mengirim Kristus, putra Maryam. Dia akan turun di menara putih di sebelah timur Damaskus, memakai dua pakaian dicelup ringan dengan kunyit dan meletakkan tangannya di sayap dua Malaikat. Ketika ia menurunkan kepala, akan ada butiran-butiran keringat jatuh dari kepalanya, dan ketika dia mengangkat ke atas, manik-manik seperti mutiara akan menyerakkan dari itu. Setiap non-mukmin yang bau bau tubuhnya akan mati dan napasnya akan mencapai sejauh ia mampu melihat. Ia kemudian akan mencari dia (Dajjal) sampai ia menangkap menangkapnya di gerbang Ludd dan membunuhnya. Kemudian orang-orang yang Allah telah melindungi akan datang kepada Yesus, putra Maryam, dan ia akan mengusap wajah mereka dan beritahukan mereka barisan mereka di surga. itu akan berada di bawah kondisi seperti itu Allah akan mengungkapkan kepada Yesus kata-kata ini: Aku telah dibawa keluar dari antara hamba-hamba-Ku seperti orang-orang terhadap siapa tidak akan dapat melawan; Anda mengambil orang-orang ini aman untuk Tur, dan kemudian Allah akan mengirim Gog dan Magog dan mereka akan kawanan turun dari setiap lereng. Yang pertama dari mereka akan melewati danau Tiberias dan minum dari itu . Dan ketika orang terakhir dari mereka lewat, ia akan mengatakan: Tidak pernah air di sana. Yesus dan para sahabatnya kemudian akan dikepung di sini (di Tur, dan mereka akan sangat sulit ditekan) bahwa kepala sapi akan lebih mahal untuk mereka dari seratus dinar. Rasul Allah (saw), Yesus, dan para sahabatnya akan berdoa kepada Allah, Siapa yang akan mengirim kepada mereka serangga (yang akan menyerang leher mereka) dan di pagi hari mereka akan binasa seperti satu orang saja. Allah Rasul (saw), Yesus, dan para sahabatnya, lalu turun ke bumi dan mereka tidak akan menemukan di Bumi seperti banyak ruang sebagai satu span yang tidak dipenuhi dengan kebusukan dan bau busuk. Rasul Allah (saw) , Yesus, dan para sahabatnya kemudian akan memohon Allah yang akan mengirim burung-burung yang leher akan seperti orang-orang Baktria unta dan mereka akan membawa mereka pergi dan melemparkan mereka di mana Allah menghendaki. Kemudian Allah akan mengirimkan hujan yang tidak ada rumah dari bata lumpur atau ( tenda) bulu unta akan terus keluar dan akan mencuci bumi sampai menyerupai sebuah cermin. Kemudian bumi akan diperintahkan untuk membawa buahnya dan mengembalikan berkat dan, sebagai hasil daripadanya, di sana akan tumbuh (misalnya besar ) delima bahwa sekelompok orang akan bisa makan dan mencari perlindungan di bawah kulit, sapi perah akan memberikan begitu banyak susu yang seluruh pihak akan dapat meminumnya. memerah susu unta yang akan memberikan semacam (dalam jumlah besar ) susu bahwa seluruh suku akan dapat minum dari itu, dan memerah susu-domba akan memberikan begitu banyak susu yang seluruh keluarga akan dapat minum dari itu. Pada waktu itu Allah akan mengirim angin yang menyenangkan yang akan menenangkan (orang ) bahkan di bawah ketiak mereka. Dia akan mengambil kehidupan setiap Muslim dan hanya orang fasik akan bertahan siapa yang akan berzina seperti keledai dan kiamat itu akan datang kepada mereka.
Sahih Al-Bukhari hadis 3,106 Diriwayatkan oleh Abu Said Al Khudri Rasul Allah berkata kepada kami cerita panjang tentang Ad-Dajjal, dan di antara banyak hal yang disebutkan di atas, adalah mengatakan, "Ad-Dajjal akan datang dan akan dilarang baginya untuk melewati pintu masuk Madinah. Dia akan tanah di beberapa dari daerah-daerah tandus yang asin (luar) Madinah; pada hari itu orang yang terbaik atau salah satu orang terbaik yang akan datang kepadanya dan berkata, 'Aku bersaksi bahwa kamu adalah Dajjal sama dengan deskripsi yang diberikan kepada kita oleh Rasul Allah. " Ad-Dajjal akan berkata kepada orang-orang, "Jika aku membunuh orang ini dan membawa dia kembali ke kehidupan lagi, akan kau meragukan klaim?" Mereka akan berkata, 'No' Kemudian Ad-Dajjal akan membunuh orang itu dan membawanya kembali ke kehidupan. Orang akan berkata, 'Sekarang aku tahu kenyataan Anda lebih baik daripada sebelumnya. " Ad-Dajjal akan berkata, 'Aku ingin membunuh dia, tapi aku tidak bisa. " 


Tanda-tanda Besar Kiamat

1) Keluarnya asap berkepul-kepul (kabus)
2) Keluarnya Al-Masikh ad-dajjal dari arah pertengahan antara Laut Syam dan Laut Yaman di Timur Tengah, mengaku sebagai Nabi Isa a.s, tuhan orang Kristian dan Yahudi.
Dari Umar r.a. bahwa Rasulullah s.a.w bersabda: Tidak seorang Nabi pun yang diutus Allah, melainkan ia memperingatkan kepada umatnya perihal kedatangan Dajjal. Dajjal itu akan keluar di kalangan kamu semua, maka tidak samar lagi bagimu semua bahawa Tuhan itu tidaklah bermata sebelah. Sesungguhnya Dajjal itu bermata sebelah, yang kanan tidak dapat digunakan untuk melihat, seolah-olah matanya itu macam biji yang menonjol;- (Riwayat Bukhari dan Muslim).
Dajjal pembawa fitnah;-Rasulullah s.a.w bersabda: “Sejak Allah swt menciptakan Nabi Adam a.s. sampai ke hari kiamat nanti, tidak ada satu ujian pun yang lebih dahsyat daripada Dajjal”;- (Riwayat Muslim).
Ujian dan tanggungjawab setiap orang Islam melawan Dajjal;-Rasulullah s.a.w bersabda: “Sesungguhnya tidak ada satu fitnah (ujian) Allah di atas muka bumi ini sejak ia menciptakan zuriat Nabi Adam a.s (sampai ke hari kiamat nanti) yang lebih dahsyat daripada fitnah Dajjal. Dan sesungguhnya Allah tidak mengutus seorang nabi jugapun kecuali nabi itu mengingat kaumnya akan ujian Dajjal ini: Aku (Rasulullah s.a.w) adalah Nabi yang terakhir sekali dan kamu adalah juga ummat yang terakhir sekali, maka sudah pasti Dajjal itu akan keluar pada zaman kamu (kerana telah terbukti sampai ke zaman Nabi s.a.w., bahawa Dajjal belum lagi keluar). Seandainya ia keluar dan aku masih berada di kalangan kamu, maka akulah yang akan berhujjah dengannya bagi mewakili setiap orang Islam. Dan jika ia keluar selepas kematianku, maka kamu semua bertanggung jawab untuk melawannya dan Allah swt sebagai penolong kamu sekalian”;- (Riwayat Ibnu Majah).
 Dajjal membawa api dan air;- Rasulullah s.a.w bersabda: Sesungguhnya Dajjal itu akan keluar dengan membawa air dan api, maka apa yang dilihat manusia sebagai air, sebenarnya itu adalah api yang membakar. Sedang apa yang dilihat oleh manusia sebagai api, maka itu sebenarnya adalah air yang dingin dan tawar. Maka barangsiapa yang menjumpainya, hendaklah menjatuhkan dirinya ke dalam apa yang dilihatnya sebagai api, kerana ia sesungguhnya adalah air tawar yang nyaman;- (Riwayat Bukhari dan Muslim)
Dajjal membawa sesuatu yang menyerupai syurga dan neraka;- Dari Abu Hurairah r.a. berkata bahawa Rasulullah s.a.w bersabda: Sukakah aku ceritakan kepadamu tentang Dajjal, yang belum diberitakan oleh Nabi kepada kaumnya. Sungguh Dajjal itu buta mata sebelahnya dan ia akan datang membawa sesuatu yang menyerupai syurga dan neraka, adapun yang dikatakan syurga, maka itu adalah neraka. Dan aku memperingatkan kalian sebagaimana Nabi Nuh a.s memperingatkan kepada kaumnya.
Dajjal membawa sungai air dan sungai api;- Dari Abu Hudzaifah r.a. berkata bahawa Rasulullah s.a.w bersabda: Sesungguhnya aku lebih tahu dari Dajjal itu sendiri tentang apa padanya. Dia mempunyai dua 2 sungai mengalir. Yang satu menurut pandangan mata adalah air yang putih bersih. Yang satu lagi menurut mata adalah api yang bergelojak. Sebab itu, kalau seorang mendapatinya hendaklah mendekati sungai yang kelihatan api. Hendaklah dipejamkan matanya, kemudian ditekurkan kepalanya, lalu diminumnya air sungai itu kerana itu adalah air sungai yang sejuk. Sesungguhnya Dajjal itu buta matanya sebelah ditutupi oleh daging yang tebal, tertulis antara dua 2 matanya (di keningnya) perkataan kafir yang dapat dibaca oleh setiap orang beriman pandai baca atau tidak;- (Riwayat Muslim).
Dajjal membunuh orang kemudian menghidupkan kembali;- Dari Abu Said Al-Khudri r.a. berkata: Pada suatu hari Rasulullah menceritakan kepada kami tentang Dajjal dalam suatu cerita panjang, di antaranya baginda menceritakan: “Dajjal itu nanti akan datang, dan dia terhalang untuk melalui jalan-jalan masuk kota Madinah. Maka sampailah Dajjal itu ke sebuah kebun dekat pinggir kota Madinah. Di hari itu datang kepadanya seorang laki-laki yang sangat lawa. Laki-laki tadi mengucapkan: “Saya mengakui bahawa engkau ini adalah Dajjal yang telah diceritakan oleh Rasulullah s.a.w. kepada kami.” Dajjal berkata (kepada pengikutnya): “Bagaimana pendapat kamu, kalau saya membunuh orang ini, kemudian saya hidupkan kembali, adakah kamu masih ragu-ragu tentang kekuasaanku?” Pengikut-pengikutnya menjawab: “Tidak ragu-ragu!” Lalu Dajjal membunuh laki-laki tadi, kemudian dihidupkan kembali. Ketika laki-laki itu telah hidup kembali, dia mengucapkan (kepada Dajjal): “Demi Allah! Sekarang, saya lebih mengerti tentang engkau (seorang Dajjal)” Lalu Dajjal hendak membunuhnya sekali lagi, tapi Dajjal tidak sanggup melaksanakannya.”;- (Riwayat Muslim).
Dajjal tidak masuk kota Makkah dan Madinah;- Dari Anas bin Malik r.a. berkata bahawa Rasulullah s.a.w. bersabda: Setiap negeri (nanti) akan diinjak oleh Dajjal, selain Makkah dan Madinah. Setiap jalan masuk ke sana, dikawal oleh malaikat yang berbaris. Maka sampailah Dajjal ke sebuah kebun (di pinggir Madinah) dan terjadilah tiga 3 kali gempa bumi di Madinah, lalu setiap orang kafir dan munafik keluar dari Madinah menuju kebun tadi;- (Riwayat Muslim).
3) Turunnya Nabiyullah Isa Alaihissalam dari langit sebagai bukti besar Islam bahawa Dajjal adalah bukannya Nabi Isa a.s yang diwar-warkan sebagai tuhan  Kristian dan Yahudi.
Turunnya Nabi Isa dari langit;- Abu Hurairah r.a berkata bahawa Rasulullah s.a.w bersabda; Demi Dzat yang jiwaku ada dalam kekuasaan-Nya, sungguh amat dekat saat turunnya Isa putera Maryam di kalangan kamu sekelian yang bertindak sebagai seorang hakim yang adil. Ia akan memecahkan semua kayu palang salib, membunuh babi, melenyapkan pajak gadai dan pada waktu itu harta melimpah ruah, sehingga seorang pun tidak ada yang mahu menerima harta yang disedekahkan kepadanya, hingga satu sujud lebih baik daripada dunia dan apa yang ada di dalamnya. Kemudian Abu Hurairah berkata: ” Bacalah, jikalau engkau semua menginginkannya:” Tidak ada sama sekali dari golongan ahli kitab, melainkan mereka hanya beriman kepada Isa a.s. sebelum mangkat baginda iaitu setelah turunnya ke bumi dan sebelum tibanya hari kiamat. Pada hari kiamat Isa a.s. akan menjadi saksi atas semua orang.
Isa a.s. mencari Dajjal;-Dari Urwah bin Mas’ud Ats Tsaqafi berkata: “Saya mendengar Abdullah bin Amr berkata bahawa Rasulullah s.a.w bersabda: Dajjal itu akan keluar dari kalangan umatku, kemudian ia menetap selama empat puluh 40. Yang meriwayatkan hadis ini berkata: “Saya tidak mengerti apakah yang dimaksudkan itu empat puluh 40 hari atau empat puluh 40 bulan atau empat puluh 40 tahun…” Selanjutnya baginda bersabda: “Allah mengutus Isa mencari Dajjal itu kemudian membinasakannya. Setelah itu manusia menetap seperti biasa selama tujuh 7 tahun. Tidak ada pertengkaran antara dua 2 orang (pada waktu itu umat manusia hidup dalam kerukunan;- (Riwayat Muslim).
4) Keluarnya bangsa Yakjuj Makjuj ( anak zina dari bangsa di tanah Arab dahulu kala) meratap segala makanan dan minuman yang ada sehinggakan tiada saki-bakinya  untuk Kaum Muslimin yang kelaparan dan kehausan. Mereka mengikuti Nabi Isa a.s. ke suatu tempat tinggi dan hanya berbekalkan zikrullah sebagai penahan dahaga dan lapar.
Keluarnya Yakjuj Makjuj;- Telah diriwayatkan bahawa: Rasulullah s.a.w telah masuk ke rumahnya dengan rasa ketakutan sambil berkata: Laa Ilaaha Ilallah, celaka bangsa Arab dari bahaya yang telah dekat, ini telah terbuka dinding Yakjuj Makjuj sebesar ini sambil melingkarkan jari telunjuk dengan ibu jarinya. Zainab bin Jahsy bertanya: “Ya Rasulullah! Dapatkah kami binasa, padahal masih ramai solihin di antara kami?” Jawab Rasulullah s.a.w.: “Ya,! Jika telah banyak pelacuran.”;- (Riwayat Muttafaq Alaihi).
Tirai dinding Yakjuj Makjuj;- Abu Hurairah r.a. berkata bahawa Nabi s.a.w bersabda: Allah telah membuka tirai dinding Yakjuj Makjuj sebesar ini; sambil melengkungkan jari telunjuk dengan ibu jari;- (Riwayat Muttafaq Alaihi).
5) Hancurnya Dajjal dibunuh Nabi Isa a.s dengan tongkat Nabi Musa a.s.
6) Hancurnya Yakjuj Makjuj dan seluruh isi alam menjadi sesuci salju dan melimpah ruahnya sumber rezeki dan kekayaan berkat doa Nabi Isa a.s.
Rasulullah s.a.w bersabda:- Maka hilanglah segala permusuhan dan benci-membenci di kalangan manusia dan hilanglah segala bisa dari keseluruhan binatang yang berbisa sehingga anak kecil memasukkan tangannya ke dalam mulut ular, maka ular itu tidak menggigitnya dan tidak ada apa-apa kemudharatan. Anak kecil boleh bermain dengan singa, bahkan serigala yang biasanya menerkam kambing akan terbalik seakan-akan menjadi anjing pemeliharanya. Bumi ini akan dipenuhi dengan keamanan dan keselamatan seperti mana dipenuhkan sesuatu bejana dengan air. Pendapat akan menjadi satu ( tiada perselisihan antara ummat) dan tidak disembah kecuali hanya Allah dan segala peperangan akan berhenti dan orang Quraisy kembali memegang tampuk kepimpinan (maksudnya kepimpinan Imam Mahdi);- (Riwayat Ibnu Majjah).
Nabi Isa a.s berkahwin dengan perempuan kabilah “Judzam”;-Seperti sabdaan Rasulullah s.a.w. ketika Baginda menerima delegasi (perwakilan) yang datang dari kabilah Judzam (dahulukala):- “Selamat datang, kaum Nabi Syuaib bapa mertua Nabi Musa. Sesungguhnya tidak berlaku kiamat sehingga Nabi Isa a.s. akan berkahwin dengan keturunan kamu dan akan lahirlah anaknya pula”;- (H.Riwayat Al Muqrizy di dalam kitabnya Al Khuthath).
Dari Nawas bin Sam’an r.a. (dalam hadis yang panjang) berkata bahawa Rasulullah s.a.w. bersabda;- Maka dikirim oleh Allah, Yakjuj dan Makjuj; mereka mengalir dari tempat-tempat yang tinggi. Barisan depan mereka melalui Danau Tibris, lalu mereka minum air Danau itu sampai habis. Kemudian barisan terakhir lewat pula di situ, lalu mereka mengusapkan: “Sesungguhnya di sini dahulunya pernah ada air.” Nabi Isa a.s. dan rakan-rakannya terkepung (sehingga kekurangan makanan), sehingga seekor kepala sapi (kepala lembu) bagi masing-masing mereka, lebih berharga dari seratus dinar bagi setiap orang di hari itu. Maka berdoalah Isa a.s. dan rakan-rakannya (supaya Yakjuj Makjuj binasa). Lalu Allah mengirim penyakit hidung pada kenderaan Yakjuj Makjuj, maka di waktu pagi mereka semuanya mati sekaligus. Kemudian Nabi Isa a.s. dan rakan-rakannya turun dari bukit dan didapatinya tidak ada tempat terluang agak sejengkal, melainkan telah dipenuhi oleh bangkai busuk. Maka berdoalah Nabi Isa dan rakan-rakannya kepada Allah (supaya bangkai busuk itu hilang), lalu dikirim oleh Allah burung-burung sebesar unta, maka diangkutnya bangkai-bangkai itu dan dilemparkannya ke tempat yang dikehendaki Allah, kemudian Allah menurunkan hujan lebat, yang tidak membiarkan sebuah rumah pun yang dibuat dari tanah liat dan bulu unta, lalu dibasuhnya bumi sehingga bersih seperti kaca. Sesudah itu kepada bumi diperintahkan; “Tumbuhkanlah buah-buahanmu dan kembalikanlah keberkatanmu!” Maka di masa itu, sekumpulan orang kenyang kerana memakan buah delima dan mereka dapat berteduh di bawah kulitnya. Rezeki mereka beroleh berkat, sehingga seekor unta bunting cukup mengenyangkan sekumpulan orang. Dalam keadaan demikian, ketika itu Allah mengirimkan angin melalui ketiak mereka. Maka diambilnya nyawa setiap orang beriman dan setiap orang Islam. Maka tinggallah orang-orang jahat, bercampur-baur seperti himar (tidak tahu malu). Maka di kala itu terjadilah kiamat;- (Riwayat Muslim).
7) Wafatnya Nabi Isa a.s. di bumi Madinah.
8) Adanya binatang ajaib muncul  di waktu dhuha sehingga dapat berbicara dengan manusia ( lihat Al-Quran surah An-Nahl, ayat 82).
Sesungguhnya tanda-tanda pertama dekatnya hari kiamat yang keluar ialah terbitnya matahari dari arah barat (Maghrib) dan keluarnya satu macam binatang ajaib di hadapan orang ramai di waktu siang hari. Masa antara keduanya keluar lebih dahulu sebelum satunya, maka yang satunya akan menyusul dalam waktu yang dekat sekali sesudah terjadinya yang pertama itu;- (Riwayat Muslim dan Abu Daud).
Binatang yang keluar sebagai tanda akan datangnya hari kiamat itu akan keluar dengan membawa cincin Nabi Sulaiman dan tongkat Nabi Musa a.s. Kemudian memberi semacam tanda kepada wajah orang mukmin dengan menggunakan tongkatnya dan memberi cap pada hidung orang kafir, dengan menggunakan cincin itu, sehingga orang-orang yang ahli tamu sama berkumpul yang satu mengucapkan “Hai orang mukmin!” dan yang lain mengucapkan “Hai orang kafir!”;- (Riwayat Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Hakim).
Binatang itu akan keluar lalu memberi tanda kepada orang ramai di hidungnya. Orang-orang berkumpul ramai sekali, sehingga ada orang yang membeli binatang tersebut, pembeli itu ditanya: “Dari siapakah engkau membeli binatang ini?” Jawabnya: “Dari orang yang dicap hidungnya.”;- (Riwayat Ahmad)
9) Wafatnya kaum Muslimin dari tiupan angin nyaman yang mencabut nyawa dari ketiak-ketiak mereka.
Daripada Abu Hurairah r.a berkata, Rasulullah s.a.w bersabda:- “Sesungguhnya, Allah swt akan mengutus angin (yang lembut) yang datang dari negeri Yaman. Angin itu lebih lembut dari sutera. Ia tidak melalui seseorang yang beriman, walaupun imannya hanya ada sebesar biji sawi kecuali ia akan mematikannya”;-( Riwayat Muslim).
10) Lenyapnya Al-Quran dari Mushaf dan hati (Al-Quran diangkat).
11) Seluruh manusia di dunia menjadi KAFIR.
12) Matahari terbit dan muncul dari arah barat.
Tidak akan terjadi Hari Kiamat, sebelum matahari terbit dari tempat terbenamnya (Maghrib dan Barat). Apabila matahari terbit dari tempat terbenamnya, manusia semuanya beriman. Maka di waktu itu, iman seseorang tidak berguna bagi dirinya yang tadinya belum pernah beriman, juga bagi mereka yang belum pernah berbuat baik dalam berimannya;- (Riwayat Muslim).
Rasulullah s.a.w bersabda:- “…Maka yang tinggal lagi hanyalah orang-orang yang jahat. Cepat seperti burung yang terbang (untuk mengerjakan maksiat) dan jahat seperti binatang (pada akhlak mereka). Mereka tidak kenal apa itu kebaikan dan tidak tahu apa itu kemungkaran. Lalu syaitan menggoda mereka sambil berkata: “Kamu tidak mahu ikut akukah?”. Mereka menjawab: “Apa yang hendak engkau suruh?”. Lalu syaitan menyuruh mereka menyembah berhala.”;- (H.Riwayat Muslim).
Tidak ada manusia yang menyebut nama Allah lagi di muka bumi;- Daripada Anas bin Malik r.a bahawasanya Rasulullah s.a.w. bersabda:- “Tidak akan terjadi kiamat sehingga tidak dikatakan “‘Allah, Allah”‘ di atas muka bumi ini”;- (H.Riwayat Muslim).
13) Rosaknya Kaabah ( Baitullah ).
Rosaknya Kaabah;- Abu Hurairah r.a berkata bahawa Rasulullah s.a.w bersabda: Akan ada orang yang merobohkan Kaabah, iaitu seorang yang berbetis kecil dari Habsyah (Ethiopia);- (Riwayat Muttafaq Alaih).
Kaabah diruntuhkan;-Daripada Abdullah bin Amr bin ‘Ash r.a. berkata, Rasulullah s.a.w. bersabda:- “Ka’bah akan dihancurkan oleh orang Habsyah (orang Negro) yang bergelar “Dzus-Suwaiqatain” (orang yang kedua-dua betisnya kecil) dan ia akan merampas segala perhiasannya dan melucutkan kelambunya. Seakan-akan terbayang di hadapan mataku keadaan seorang yang botak, bengkok sedikit sendi-sendinya. Ia memukul-mukul Ka’bah itu dengan besi penyeduk dan kapak besar”;- (H. Riwayat Imam Ahmad).
Sabda Rasulullah s.a.w;- “Tidak terjadi kiamat itu sehingga orang bersetubuh (berzina) seperti bersetubuh keldai di tengah jalan.”- (H.Riwayat Ibnu Hibban).
Jika keadaan sudah jadi seperti ini, maka kiamat bila-bila masa boleh terjadi. Kiamat diumpamakan seperti:- “Seperti perempuan yang mengandung yang sudah cukup bulan. Keluarganya tidak tahu bilakah mereka akan dikejutkan dengan kelahiran anak yang dalam kandungannya, sama ada di waktu malam atau siang”;- (H.Riwayat Ahmad).
Gempa bumi di timur, barat dan semenanjung Arab;- Sebelum berlaku kehancuran alam ini, maka akan terjadi dahulu gempa bumi yang besar dan amat dahsyat menenggelamkan manusia ke dalam perut bumi. Gempa yang seumpama itu akan berlaku di Timur, kemudian di Barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab.
.14) Keluarnya api dari Hijjaz menghalau manusia pada masa itu dari arah selatan Yaman ke utara negeri Syam, maka ketika itu Malaikat Israfil akan meniup sangkala tiupan yang pertama yang mengejutkan ke semua orang yang berada pada hari itu. Di hari itu orang ramai tidak sempat berurusan dengan urusan masing-masing. Mereka akan dikejutkan dengan tiupan yang keras sekali, yang menderu di udara sehingga semua orang akan tercengang ke langit mendengarkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar